Bahasa Indonesia Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 - Iklan
Materi Ajar Kelas 5 Tema 9 Subtema 1
Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik
Iklan, unsur-unsur iklan, jenis-jenis iklan, memahami isi iklan, ciri-ciri bahasa iklan, mengidentifikasi isi iklan media cetak.
A. Iklan
1. Pengertian Iklan
- Suatu cara yang digunakan untuk menjelaskan tentang suatu produk.
- Digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa.
- Memuat pesan agar masyarakat mengenal produk dan tertarik untuk membeli produk tersebut.
- Produk iklan bisa berupa barang atau jasa.
- Iklan biasa dilihat dari media cetak maupun media elektronik.
- Media cetak seperti koran atau majalah.
- Media elektronik seperti televisi dan radio.
- Iklan juga bisa dilakukan melalui media online.
2. Fungsi iklan:
a. Media informatif, media yang menyampaikan informasi sebuah produk.
b. Media persuasive, media untuk mengajak, mengarahkan atau membujuk calon konsumen untuk membeli.
c. Media pengingat, digunakan sebagai media untuk mengingatkan para pemakai atau konsumen agar terus berlangganan memakai produk tersebut.
3. Struktur dalam teks iklan
a. Judul
b. Nama Produk
c. Deskripsi Produk, biasanya meliputi spesifikasi, cara memperoleh produk, alamat, dan kontak (nomor telepon) yang dapat dihubungi
B. Unsur-Unsur Iklan
a. Nama produk.
b. Gambar yang menarik.
c. Kalimat iklan.
d. Keunggulan produk.
e. Harga produk.
f. Nomor telepon.
g. Alamat pengiklan.
C. Jenis Iklan
1. Iklan komersial
2. Iklan sosial
Bentuk publikasi suatu keadaan yang mengharapkan kepedulian dari banyak orang Contoh iklan tentang narkoba, iklan tentang rokok, iklan tentang pemanasan global atau iklan tentang global warming, iklan tentang pencemaran air, iklan tentang penggundulan hutan, iklan tentang HIV AIDS, dan sebagainya.
3. Iklan layanan masyarakat
Bentuk publikasi suatu keadaan yang mengisyaratkan perubahan atau tindakan dari setiap orang untuk melakukan perubahan keadaan yang lebih baik. Contoh iklan konservasi lingkungan, iklan tentang kekerasan terhadap anak, iklan keselamatan berkendara, iklan kepedulian pangan, iklan kelestarian hutan, dan lain-lain.
D. Ciri-Ciri Bahasa Iklan
1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
2. Menggunakan kata konotasi positif.
3. Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya mengajak atau persuasif.
4. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.



Komentar
Posting Komentar