Bahasa Indonesia Kelas 5 Tema 9 Subtema 3 - Iklan Media Cetak dan Elektronik

 

Materi Ajar Kelas 5 Tema 9 Subtema 3

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia

3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik

 Iklan media cetak, unsur-unsur iklan, isi iklan media cetak, informasi iklan elektronik, iklan elektronik, jenis-jenis iklan media elektronik


A.     Iklan Media Cetak

1.      Tujuan

a.      Memberitahukan kepada khalayak ramai tentang suatu produk jasa.

b.      Mempenganruhi khalayak ramai tentang suatu produk jasa.

c.      Menyarankan seseorang untuk membeli dan menggunakan suatu produk jasa yang diiklankan.

d.      Memberi informasi tentang produk jasa.

e.      Menarik khalayak ramai.

 

2.      Ciri-ciri iklan yang baik dan benar:

a.      Informatif, yaitu berisi informasi tentang suatu produk atau jasa yang ditawarkan.

b.      Komunikatif, yaitu menggunakan bahasa yang mudah untuk diingat karena sering dipakai dalam berkomunikasi sehari-hari.

c.      Bahasanya singkat dan padat. Bahasa iklan mengunakan bahasa yang mudah dipahami, mudah diingat, dan tidak terlalu panjang bertele-tele.

d.      Menarik. Iklan menampilkan gambar yang penuh warna yang menarik, sehingga konsumen mau menggunakan produknya berupa barang atau jasa yang ditawarkan.

 

3.      Cara pembuatan iklan

a.      Iklan Baris

Iklan baris yaitu iklan kecil (singkat) berisi penawaran/informasi tentang sesuatu yang terdiri atas beberapa baris saja. Iklan baris disebut juga iklan mini. 


 

 

 

 

 

 

 

Ciri-ciri iklan baris:

a.      Terdiri atas 2 sampai 3 baris. Informasi yang terkandung di dalamnya hanya informasi penting saja. Ditulis secara singkat, padat, dan jelas.

b.      Dikelompokkan sesuai dengan jenis barang atau jasa yang ditawarkan.

c.      Berupa kalimat-kalimat pendek dan biasanya menggunakan singkatan-singkatan untuk menghemat tempat.

d.      Sebagian iklan baris dilengkapi dengan gambar ukuran kecil dan tidak berwarna,

e.      Dilengkapi dengan nomor telepon penjual untuk memudahkan berkomunikasi dengan pembeli.

f.        Tidak menggunakan ilustrasi grafis.

g.      Biaya pemasangan tergolong murah karena tidak membutuhkan tempat yang lebar.

 

b.     Iklan kolom

Iklan kolom adalah iklan yang pemuatannya memanfaatkan beberapa bagian kolom dari halaman surat kabar. 


 

 

 

 

 

 

Ciri-ciri iklan kolom:

a.      Terdiri atas ilustrasi/gambar/foto/bagan dan kata-kata.

b.      Ukurannya lebih besar daripada iklan baris, bahkan ada yang penuh satu halaman koran.

c.      Berisi penawaran, ajakan, dan bujukan untuk membeli produk/barang yang ditawarkan. Bisa juga berupa iklan pribadi atau keluarga misalnya berita pemikahan, berita duka cita, atau ucapan terima kasih.

 

B.     Unsur-Unsur Iklan

1.      Ciri-ciri bahasa iklan media cetak:

a.      Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.

b.      Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.

c.      Menggunakan kata konotasi positif.

d.      Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.

 

2.      Unsur-unsur iklan:

a.      Attention (perhatian)

b.      Interest (minat)

c.      Desire (keinginan)

d.      Conviction (rasa percaya)

e.      Action (tindakan)

 

C.     Isi Iklan Media Cetak

Dibedakan menjadi tiga jenis:

1.      Iklan pengumuman atau pemberitahuan

Iklan pengumuman atau pemberitahuan adalah iklan yang bertujuan menarik perhatian khalayak umum tentang suatu hal, misalnya iklan duka cita.

2.      Iklan penawaran (niaga)

Iklan yang bertujuan menawarkan suatu barang atau jasa kepada konsumen, misalnya iklan komputer atau barang lainnya.

3.      Iklan layanan maayarakat

Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang mempunyal tujuan memberikan penerangan tentang suatu hal, biasanya diterbitkan oleh pemerintah, instansi atau lembaga swadaya masyarakal. Contoh Iklan layanan masyarakat adalah larangan menggunakan narkoba dan larangan merokok di tempat umum. Berikut contoh iklan layanan masyarakat.

 

D.     Informasi Iklan Elektronik

Iklan yang dipublikasikan menggunakan media elektronik.

1.      Iklan radio

Iklan yang disiarkan melalui radio. Ada tiga bagian iklan radio:

a.      Ad Lib, iklan yang disampakan oleh penyiar saat siaran secara langsung.

b.      Spot, iklan yang disampaikan dengan cara memutar rekaman yang sudah dibuat sesuai naskah

c.      Sponsor program, iklan yang disampaikan langsung oleh sponsor (pihak pengiklan)

 

2.      Iklan Televisi

Iklan yang disiarkan melaui televisi yang merupakan kombinasi dari suara, gambar, dan gerak. Hal yang perlu diperhatikan dalam iklan televisi:

a.      Live action, yaitu video klip yang melibatkan unsur gambar, suara, dan gerak secara bersama

b.      Animation, yaitu iklan yang dibuat berdasarkan kartun atau animasi

c.      Slop in Action, yaitu perpaduan antara Live action dan Animation sehingga menimbulkan efek dramatic iklan.

d.      Musik

e.      Superimposed yaitu iklan televisi yang berupa gambar dan teks yang muncul saat acara televisi berlangsung

f.        Program Sponsor, ikan televisi yang dibiayai oleh pihak perusahaan iklan tertentu untuk membiayai acara di televisi saat itu.

g.      Running text, iklan tetevisi yang muncul dari kanan ke kiri yang ada di bawah layar televisi.

 

3.      Iklan Media Digital Interaktif (internet)

Iklan yang memanfaatkan media internet untuk memberikan inlormasi kepada masyarakat. Iklan ini dapat berupa video maupun banner animasi. Iklan ini disampaikan dalam bentuk website, blog, maupun Youtube.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Kompetisi Literasi Numerasi

MATEMATIKA KELAS 5 - LATIHAN SOAL LUAS BANGUN DATAR (PERSEGI PANJANG)

MATEMATIKA KELAS 5 ~ SUDUT