MATEMATIKA KELAS 5 - LATIHAN SOAL LUAS BANGUN DATAR (PERSEGI PANJANG)

 LATIHAN SOAL LUAS PERSEGI PANJANG




1. Luas persegi panjang di bawah ini adalah ....
2. Luas persegi panjang di bawah ini adalah ....
3. Panjang persegi panjang di bawah ini adalah ....
4. Lebar persegi panjang di bawah ini adalah ....

5. Di sebuah toko buku, terdapat selembar meja dengan bentuk persegi panjang. Panjang meja tersebut adalah 1,5 meter dan lebarnya 80 cm. Luas meja tersebut adalah ....

6. Rudi memiliki sebidang tanah untuk bercocok tanam. Tanah itu berbentuk persegi panjang dengan panjang 10 meter dan lebar 6 meter. Berapa luas total tanah yang dimiliki Rudi?

7. Di ruang kelas, terdapat sebuah papan tulis yang berbentuk persegi panjang. Panjang papan tulis tersebut adalah 2,5 meter dan lebarnya 1,2 meter. Berapakah luas papan tulis itu?

8. Tia sedang membuat bingkai untuk foto kesayangannya. Bingkai tersebut berbentuk persegi panjang dengan panjang 18 cm dan lebar 12 cm. Berapa luas bingkai foto Tia?

9. Seorang tukang kayu sedang membuat rak buku di bengkelnya. Rak tersebut memiliki panjang 2 meter dan lebar 60 cm. Berapakah luas rak buku yang sedang dikerjakan oleh tukang kayu itu?

10. Sebidang tanah memiliki luas 120 m². Jika panjangnya 15 meter, berapakah lebar tanah tersebut?

11. Luas suatu kebun adalah 48 m² dengan panjang 8 meter. Tentukan lebar kebun tersebut!

12. Sebuah ruangan berbentuk persegi panjang memiliki luas 36 m². Jika lebarnya 6 meter, berapakah panjang ruangan tersebut?

13. Sebuah kolam renang memiliki luas 300 m² dengan panjang 20 meter. Tentukan lebar kolam renang tersebut!

14. Dalam sebuah kebun bunga, terdapat sebuah lahan untuk menanam bunga berbentuk persegi panjang. Panjang lahan tersebut adalah 12 meter, dan lebarnya adalah 8 meter. Berapa luas total lahan tersebut?

15. Seorang petani memiliki lahan untuk menanam sayuran berbentuk persegi panjang. Luas lahan tersebut adalah 64 m², dan lebarnya adalah 8 meter. Berapakah panjang lahan pertanian tersebut?

Selamat mengerjakan...




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Kompetisi Literasi Numerasi

MATEMATIKA KELAS 5 ~ SUDUT