IPAS KELAS 5 ~ ORGAN PENCERNAAN PADA MANUSIA

 ORGAN PENCERNAAN PADA MANUSIA


Pelajarilah ringkasan materi berikut kemudian kerjakan latihan soal di bawah ini!

  1. Proses pencernaan manusia ada 2, yaitu secara … dan ….

  2. Gerakan dalam sistem pencernaan manusia yang merupakan gelombang kontraksi berturut-turut disebut gerakan ….

  3. Waktu yang dibutuhkan makanan untuk mengalami proses pencernakan di lambuang adalah … sampai … jam.

  4. Sebelum ditelan, sebaiknya makan dikunyah sebanyak … kali.

  5. Usus halus terdiri dari … bagian.

  6. Nama lain dari duodenum adalah usus ….

  7. Bagian usus yang bertanggung jawab terhadap penyerapan nutrisi adalah bagian … dan ….

  8. Organ tubuh yang menghasilkan enzim pencernaan ke dalam duodenum yang memecah protein, lemak dan karbohidrat adalah ….

  9. Hati disebut juga ….

  10. Organ pencernaan yang berfungsi untuk memroses limbah dan mengosongkan usus dengan mudah dan nyaman adalah ….

  11. Bakteri baik dalam usus besar disebut bakteri ….

  12. Organ pencernaan yang menghubungkan usus besar ke anus adalah ….

  13. Ketika ingin BAB, perut kita terasa mulas. Sinyal tersebut diberikan oleh organ pencernaan ….

  14. Organ pencernaan yang merupakan tempat keluarnya tinja adalah ….

  15. Untuk melewati usus besar, feses membutuhkan waktu … jam.

    


RINGKASAN MATERI


Pencernaan adalah organ atau sistem di dalam tubuh yang mengatur makanan yang kita makan mulai dari mulut hingga menjadi tinja yang dikeluarkan melalui anus. Bagaimana perjalanan panjang makanan? Yuk kita bahas bersama!


  1. Organ Pencernaan Makanan

  1. Mulut

Di mulut, makanan ditangkap gigi dan lidah. Kemudian makanan dipecah dan dicampur dengan air liur. Proses ini disebut proses pencernaan secara mekanik dan kimiawi. Untuk proses pencernaan mekanik dilakukan oleh gigi, sedangkan proses pencernaan kimiawi dibantu oleh beberapa enzim seperti amilase, ptialin, dan juga enzim maltase. Sebelum makanan kita telan, sebaiknya makanan dikunyah sebanyak 32 kali. Pada bagian lidah, mampu mendeteksi rasa manis, asam, asin, dan pahit, sehingga memberikan pengalaman sensorik saat kamu menikmati makanan.


  1. Kerongkongan

Saat ditelan, makanan masuk ke kerongkongan dan didorong hingga masuk ke dalam lambung. Makanan dapat terdorong ke lambung karena adanya gerakan dari kerongkongan yang disebut gerak peristaltik.


  1. Lambung

Lambung terletak pada bagian perut tepat di bawah dada kita, dimana tugasnya menghancurkan makanan yang kita makan. Di dalam lambung ada enzim yang menghancurkan karbohidrat, protein, dan lemak yang ada di dalam makanan. Ada juga asam lambung yang dapat membunuh kuman dan bakteri yang ikut di dalam makanan. Setelah dihancurkan makanan akan berbentuk bubur atau pasta. Pada umumnya, makanan membutuhkan waktu selama 6 – 8 jam untuk melewati lambung hingga usus halus.


  1. Usus halus

Bubur makanan masuk ke dalam usus halus yang akan melewati 3 bagian usus halus, yaitu usus 12 jari (duodenum), jejunum, dan ileum. Duodenum atau usus 12 jari adalah segmen pertama dari usus kecil, yang bertanggung jawab atas proses pemecahan makanan. Sementara itu, jejunum dan ileum bertanggung jawab untuk penyerapan nutrisi ke dalam aliran darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Sari makanan akan diubah menjadi energi dan kebutuhan lain di tubuh kita.


  1. Pankreas 

Pankreas berfungsi untuk menghasilkan enzim pencernaan ke dalam duodenum yang memecah protein, lemak dan karbohidrat. Organ satu ini juga bertugas membuat insulin, meneruskannya langsung ke aliran darah. Insulin adalah hormon utama dalam tubuh untuk metabolisme gula.


  1. Hati

Hati atau liver memiliki banyak fungsi. Namun, fungsi utamanya sebagai organ sistem pencernaan manusia adalah memroses nutrisi dari penyerapan di usus kecil. Empedu yang berasal dari organ hati akan masuk ke usus kecil. Zat ini memainkan peran penting dalam mencerna lemak dan beberapa vitamin.


  1. Kantong empedu

Kantong empedu yang berfungsi menyimpan dan mengonsentrasikan empedu dari organ hati. Selanjutnya, organ ini akan melepaskannya ke duodenum pada usus kecil untuk membantu menyerap dan mencerna lemak.


  1. Usus besar

Usus besar menjadi organ yang berfungsi untuk memroses limbah dan mengosongkan usus dengan mudah dan nyaman. Bentuk dari organ ini adalah tabung otot panjang yang menghubungkan usus kecil ke rektum. Biasanya, perlu waktu sekitar 36 jam untuk feses melewati usus besar. Di dalam usus besar, sebagian besar air akan diserap sehingga yang tersisa hanyalah ampas atau sisa makanan yang tidak dapat diolah lagi. Ampas makanan ini disebut tinja atau feses. Feses sendiri sebagian besar adalah sisa makanan dan bakteri. 

Di dalam usus besar juga terdapat bakteri “baik” atau E-coli yang melakukan beberapa fungsi yang berguna, seperti mensintesis berbagai vitamin, memroses produk limbah dan partikel makanan, serta melindungi dari bakteri berbahaya.


  1. Rektum

Rektum adalah ruang lurus sepanjang 20 sentimeter yang menghubungkan usus besar ke anus. Fungsi organ sistem pencernaan manusia ini adalah menerima feses dari usus besar. Selanjutnya, rektum akan memberi sinyal ke tubuh bahwa ada feses yang harus keluar dan menahan feses sampai terjadi evakuasi.


  1. Anus

Anus merupakan tempat keluarnya tinja. Organ ini merupakan pintu terakhir dari sistem pencernaan manusia. Di dalam anus terdapat otot yang dapat menahan feses agar tidak keluar dari rektum jika belum saatnya. Otot ini juga mencegah agar kita tidak buang air besar secara spontan saat tidur.


Catatan:

  • Pencernaan secara kimiawi selain di mulut  juga terjadi di lambung, usus halus dan usus besar.

  • enzim: sejenis senyawa yang membantu terjadinya suatu reaksi biokimia (di dalam tubuh).

  • gerak peristaltik: gerakan dalam sistem pencernaan manusia yang merupakan gelombang kontraksi berturut-turut.



PERJALANAN MAKANAN PADA ORGAN PENCERNAAN PADA MANUSIA






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Kompetisi Literasi Numerasi

MATEMATIKA KELAS 5 - LATIHAN SOAL LUAS BANGUN DATAR (PERSEGI PANJANG)

MATEMATIKA KELAS 5 ~ SUDUT