MATEMATIKA KELAS 5 ~ LATIHAN SOAL BELAH KETUPAT DAN LAYANG-LAYANG

 LATIHAN SOAL MENCARI LUAS BANGUN DATAR

(BELAH KETUPAT DAN LAYANG-LAYANG)


BELAH KETUPAT

  1. Diketahui seorang tukang batik membuat motif belah ketupat pada sehelai kain. Panjang diagonal kain tersebut adalah 14 cm. Jika tukang batik tersebut ingin mengetahui berapa luas kain yang akan digunakan untuk membuat motif belah ketupat, bantulah tukang batik tersebut untuk menghitung luas kainnya!

  2. Seorang petani memiliki lahan pertanian berbentuk belah ketupat dengan panjang diagonal 18 m. Berapakah luas lahan pertanian tersebut?

  3. Sebuah belah ketupat memiliki panjang diagonal 10 cm. Jika sudut di antara kedua diagonalnya adalah 60 derajat, tentukan luas belah ketupat tersebut.

  4. Belah ketupat ABCD memiliki panjang diagonal AC sebesar 12 cm dan sudut antara kedua diagonalnya adalah 45 derajat. Hitunglah luas belah ketupat tersebut.

  5. Diketahui panjang diagonal belah ketupat adalah 12 cm dan satu sisi belah ketupat adalah 8 cm. Hitunglah luas belah ketupat tersebut!

  6. Belah ketupat memiliki panjang diagonal d1 sebesar 16 cm dan panjang diagonal d2 sebesar 12 cm. Tentukan luas belah ketupat tersebut.

  7. Tentukan luas bangun datar berikut!

  1. Tentukan luas bangun datar berikut!


LAYANG LAYANG


  1. Diketahui seorang siswa membuat sebuah layang-layang dengan panjang diagonal 8 cm dan 12 cm. Hitunglah luas dari layang-layang tersebut!

  2. Seorang tukang jahit membuat layang-layang dengan panjang diagonal 6 cm dan 9 cm. Hitunglah luas dari layang-layang tersebut!

  3. Suatu layang-layang memiliki panjang diagonal 15 cm dan 20 cm. Berapakah luas dari layang-layang tersebut?

  4. Diketahui sebuah layang-layang memiliki panjang diagonal yang berbeda, yaitu 6 cm dan 8 cm. Jika titik pertemuan kedua diagonal tersebut membentuk sudut 60 derajat, hitunglah luas dari layang-layang tersebut!

  5. Pak Budi membuat layang-layang untuk anaknya. Layang-layang tersebut memiliki dua diagonal yang masing-masing panjangnya 10 cm dan 14 cm. Jika sudut di antara kedua diagonal tersebut adalah 75 derajat, berapakah luas dari layang-layang yang dibuat oleh Pak Budi?

  6. Tentukan luas bangun datar berikut ini!

  1. Tentukan luas bangun datar berikut ini!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Kompetisi Literasi Numerasi

MATEMATIKA KELAS 5 - LATIHAN SOAL LUAS BANGUN DATAR (PERSEGI PANJANG)

MATEMATIKA KELAS 5 ~ SUDUT