SENI BUDAYA KELAS 5 ~ 8. MENGGAMBAR OBJEK TUMBUHAN DENGAN MEMPERHATIKAN PRINSIP PROPORSI

MENGGAMBAR OBJEK TUMBUHAN DENGAN MEMPERHATIKAN PRINSIP PROPORSI

Sumber: Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SD Kelas V yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2021


  1. Menentukan Prinsip Proporsi Sebuah Objek Tumbuhan

Dalam unit pembelajaran ini siswa diminta untuk mengamati dan menentukan salah satu prinsip seni rupa berupa proporsi dalam objek tumbuhan, jenis tumbuh-tumbuhan yang terdapat di negeri ini telah memberikan inspirasi dalam pengembangan motif-motif yang digunakan sebagai hiasan dalam berbagai hasil karya seni dan kebudayaan di indonesia.

Istilah "proporsi" dapat diartikan secara singkat sebagai perbandingan ukuran, Menurut Ching (2007:247) menjelaskan proporsi adalah menyangkut tentang hubungan dari bagian satu dengan yang lainnya atau dengan keseluruhannya, dalam kaitan sebuah objek tumbuhan, jika objek tumbuhan tersebut proporsinya tampak wajar maka disebut "proporsional" yang berarti perbandingan dengan ukuran yang serasi pada: daun-daunan, bunga, buah-buahan, ranting, dan lainnya baik secara terpisah maupun dalam kesatuan baik objek dari alam langsung maupun yang telah divisualisasikan dalam sebuah karya seni. Kesan serasi suatu objek pada dasarnya bersifat relatif, akan tetapi pada objek tertentu, keserasian akan timbul dari perbandingan ukuran yang sesuai memiliki standar yang baku. Menurut Ching (2007) bahwa proporsi bertujuan menciptakan suatu tatanan yang tertib dan harmonis.

Siswa dapat menentukan prinsip proporsi seni rupa dalam sebuah objek tumbuhan melalui kelayakan atau keselarasan ukuran antar komponen tumbuhan yang membentuk menjadi sebuah karya seni.

Gambar. Lukisan bunga dan buah-buahan


  1. Menguraikan dan Mengevaluasi Proporsi dalam Sebuah Objek Tumbuhan

Dalam sebuah objek tumbuhan akan terdapat unsur dan prinsip yang saling mengisi sehingga menghasilkan penampakan yang indah pada benda tersebut. Siswa dapat menguraikan keterpaduan berbagai unsur dan prinsip seni rupa dari perbedaan karakter dalam sebuah objek tumbuhan. Suatu hal yang tak kalah penting adalah terdapatnya prinsip proporsi dalam objek tumbuhan, sehingga ukuran antara bagian satu dan lainnya dalam keseluruhan objek tumbuhan tersebut menjadi selaras dan indah.

Gambar. Beberapa bunga dalam tangkai


Gambar. Foto beberapa buah apel


Disinilah proporsi berperan sangat penting sebagai penghubung diantara tatanan dan keberagaman dalam objek atau karya seni sehingga memunculkan suatu konsep keindahan secara holistik. Maka proporsi digunakan untuk mengevaluasi keteraturan bentuk atau model yang memiliki keteraturan, baik dalam desain maupun gagasan abstrak dalam sebuah karya seni.



  1. Menggambar Objek Tumbuhan dengan Memperhatikan Prinsip Proporsi

Dalam pembelajaran ini setelah mengetahui dan mengenal prinsip proporsi dalam karya seni, siswa diminta untuk menggambar objek tumbuhan dengan menerapkan prinsip proporsi pada tumbuhan tersebut, siswa akan mempraktikkan menggambar dalam media kertas dengan alat mewarnai yang telah tersedia dengan ide dan kreativitasnya sendiri dengan arahan guru. Berikut adalah langkah-langkah menggambar objek tumbuhan dengan proporsi:

Gambar. Langkah-langkah menggambar bunga mawar, crayon


Keterangan, Lakukan langkah-langkah seperti gambar di atas:

  1. Gambarlah sket unsur garis pada objek tumbuhan yang ingin digambar sesuai bentuk bidang yang diamati;

  2. Lengkapilah gambar tersebut dengan beberapa elemen tambahan gambar misal: daun, ranting, atau yang lainnya;.

  3. Mulailah mewarnai pada bagian gambar tumbuhan dan elemen-elemen tambahannya dengan warna yang diinginkan;

  4. Lakukan finishing dengan memperhalus goresan warna kemudian berilah warna pada latar belakangnya.


Alat dan bahan

  1. Pensil/Pensil warna/Krayon/Spidol/alat mewarnai yang lain.

  2. Alternatif: Arang/Kapur/tumbuhan yang mengandung warna dan lain-lain.

  3. Kertas A4/buku gambar (ketebalan dibebaskan).

  4. Alternatif: Kardus/papan kayu/media yang tersedia.

  5. Siswa dipersilahkan memilih dan mencoba alat bahan yang berbeda.

  6. Siswa dipersilahkan menggunakan alat yang tersedia di daerah sekitar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Kompetisi Literasi Numerasi

MATEMATIKA KELAS 5 - LATIHAN SOAL LUAS BANGUN DATAR (PERSEGI PANJANG)

MATEMATIKA KELAS 5 ~ SUDUT